DodixTekno

Informasi Teknologi Terbaru

Sabtu, 03 Juni 2017

Google menerapkan fitur Safe Browsing pada pembaharuan Gmail

Dodixtekno.net - Google menerapkan fitur Safe Browsing pada pembaharuan Gmail. Pada era sekarang ini, keamanan berselancar dalam dunia maya sangat penting, banyak sekali kejahatan - kejahatan yang terjadi dalam dunia maya yang menyebabkan para pengguna resah. Untuk menanggapi masalah tersebut, Google telah menambahkan fitur keamanan baru pada Gmail, yang mencakup untuk mendeteksi phishing yang berbahaya bagi pengguna. Fitur baru ini mendeteksi spam dan juga memperingatkan para pengguna melalui peringatan dalam bentuk eksternal dan hambatan - hambatan lainnya.

Tanpa kita duga, serangan phishing telah meningkat jumlahnya di berbagai Negara. Bulan lalu, Google Docs invite digunakan oleh hacker sebagai salah satu alat untuk melakukan kejahatan terhadap pengguna setia Gmail. Untuk mencegah serangan semacam itu di masa depan, Google telah meluncurkan fitur keamanan baru yang menggunakan beberapa metode untuk menunda email secara selektif dan melakukan analisis menyeluruh mengenai serangan phishing melalui email pengguna Gmail.

Baca juga : Cara mengatasi akun Gmail di Hack

Fitur baru Gmail

Fitur Baru Gmail Lebih Aman

Selain Fitur penjelajahan yang aman, Gmail juga telah memperkenalkan kemajuan keamanan lainnya seperti Hosted S / MIME yaitu untuk mengenkripsi email yang masum dan keluar, Fitur Data Loss Prevention untuk melindungi data pengguna agar lebih aman dan tidak mudah disalahgunakan, serta fitur Peringatan saat enkripsi TLS tidak tersedia di antara dua akun di Gmail yang sedang berkomunikasi.

Fitur baru dari Gmail akan terintegrasi dengan Safe Browsing dan teknik lainnya seperti analisis reputasi dan analisis kesamaan.
Alat keamanan ini memiliki tugas untuk memilah - milah email untuk link phishy dan shady. Hal ini juga bekerja sehubungan dengan peringatan saat pengguna melakukan Klik yang mengarahkan pengguna sebelum mereka memasuki tautan yang mengandung phishing atau malware lainnya.

Google juga akan memberi tahu administrator tentang bagaimana Penjelajahan Aman yang harus dilakukan seperti menguji hasil tautan. Hal ini akan menunda email sampai sampai kurang lebih empat menit untuk melakukan analisis, cukup lama sih, tetapi ini harus dilakukan untuk menangani pishing. Bagi organisasi atau perusahaan yang menginginkan pengiriman email dengan cepat, mereka dapat menonaktifkan fitur ini secara manual, namun mereka harus mengorbankan keamanan karena telah menonaktifkannya.

Google menyatakan bahwa teknik baru yang digunakan dalam Penjelajahan Aman atau Safe Browsing dapat beradaptasi dengan menangani email phishing yang lebih cepat dari pada sistem manual. Adapun pengguna G Suite memiliki perlakuan sedikit berbeda yaitu Gmail akan menampilkan peringatan eksternal saat mereka membalas email di luar domain resmi organisasi yang mereka miliki. Peringatan ini cukup cerdas dan tidak akan memunculkan pop-up untuk kontak yang sering melakukan komunikasi dengan pengguna yang bersangkutan di Gmail.

Dengan munculnya fitur baru ini, diharapkan dapat mengurangi kejahatan di dunia maya seperti pishing yang marak terjadi. Sekian artikel dari saya mengenai Google menerapkan fitur Safe Browsing pada pembaharuan Gmail. Semoga bermanfaat :)

1 Response to Google menerapkan fitur Safe Browsing pada pembaharuan Gmail

  1. Bagus nih sekarang gmail, jadi gk kawatir lagi kalo ada yang kirim link lewat email trus aku buka langsung lewat gmail.. nice artikel

    BalasHapus

Silahkan berkomentar sesuai dengan postingan.
Dilarang komentar spam dan mencantumkan Link Aktif !

Back To Top