DodixTekno

Informasi Teknologi Terbaru

Sabtu, 07 Oktober 2017

Review Asus VivoBook S S510UQ : Paduan Desain Elegan dan Performa Tinggi dalam Balutan Inovasi

Review Asus VivoBook S S510UQ - Mobilitas merupakan suatu kebutuhan, mengingat semua pekerjaan tidak hanya dikerjakan di rumah, melainkan bisa dikerjakan dimana saja tanpa mengenal jarak yang menghalangi. Melihat karakteristik konsumen yang penuh mobilitas, ASUS menghadirkan notebook dengan varian Vivobook terbaru yang memiliki desain lebih ringkas, tipis dan ringan namun harga lebih terjangkau dibanding produk kompetitor. Ketebalan yang dimiliki cukup menarik, yaitu hanya 1,79cm dengan bobot 1,7kg. Kombinasi tersebut menjadikannya sangat ideal untuk diajak beraktivitas kemana saja. Tak luput dari itu, ASUS juga membekali spesifikasi yang mumpuni pada varian Vivobook ini untuk menunjang performa yang tinggi. Seiring dengan desain yang elegan dan spesifikasi yang menarik, ASUS Vivobook S S510UQ sangat cocok untuk kamu yang produktif dan penuh aktivitas namun tetap ingin tampil Stylish.

Review Asus VivoBook S15 S510UQ

ASUS pertama kali memperkenalkan Vivobook S S510UQ pada event "The Edge Of Beyond" di ajang Computex 2017 di Taiwan. Dengan beragam fitur menarik yang dimiliki, ASUS menargetkan notebook ini ditingkat menengah dan mengandalkan prosesor Intel Core i5 generasi ke-7 yang memiliki performa tinggi dengan RAM 4GB DDR4 2133MHz dan grafis NVIDIA GeForce 940MX. Tentunya dengan spesifikasi tersebut sudah bisa menunjang segala aktivitas kamu. Penasaran bagaimana performa dan fitur apa saja yang ditawarkan notebook ini ? berikut ulasan lengkap dari dodixtekno.

Baca juga : Cara Memunculkan Fitur Pencarian di Group Facebook Android

Apa yang istimewa dari Asus Vivobook S S510UQ ?

Inovasi tanpa batas merupakan ciri khas ASUS dalam memproduksi notebook, salah satunya Vivobook S S510UQ. ASUS memperkenalkan standar masa kini untuk sebuah notebook yang memiliki rasio price-performance terbaik, sehingga segala aspek diperhitungkan untuk menciptakan notebook dengan kualitas tinggi.

DESAIN

Pada umumnya Notebook dengan ukuran layar 15,6 inci memiliki dimensi yang besar dan bobot yang cukup berat. Lain halnya dengan ASUS Vivobook ini yang menawarkan fitur dari segi desain yaitu ukuran body hanya 14 inci namun memiliki layar dengan ukuran 15,6 inci, menarik bukan ? kamu bisa bayangkan notebook 14 inci memiliki layar yang besar.
Bagi sebagian orang beranggapan layar 15,6 inci memiliki body yang tebal dan memakan banyak tempat. Namun anggapan tersebut tidak berlaku untuk ASUS Vivobook S15, notebook ini memiliki desain yang tipis karena Chassis-nya sangat ringkas yaitu 1,79cm.

Review Asus VivoBook S15 S510UQ - NanoEdge

Bahan yang berkualitas serta finishing yang sempurna juga patut diperhitungkan untuk notebook yang notabene mengedepankan desain yang stylish. Penampang ASUS Vivobook S15 terbuat dari Aluminum Alloy Lid berkualitas dengan brushed hairline finishing sehingga menghasilkan desain yang menarik dan elegan, penggunaan bahan aluminium pada penampang layar juga berpengaruh terhadap kondisi suhu notebook yang secara signifikan akan menghantarkan suhu panas dari dalam.

● Teknologi NanoEdge 

ASUS Vivobook S15 memiliki layar 15,6 inci namun dengan body yang ramping yaitu berukuran 14 inci berkat Teknologi NanoEdge. Teknologi ini akan membuat bingkai layar semakin tipis, yakni 0,78cm. Sehingga bagian permukaan notebook bisa lebih efisien penggunaannya yaitu sekitar 80% dari penampang notebook ini adalah layarnya. Nah, itu alasan mengapa ASUS Vivobook S15 punya layar besar tetapi dengan body ramping.

● Display

Review Asus VivoBook S15 S510UQ - Wide View

Notebook ini memiliki layar Full HD 1080p yang didukung 178° wide-view Technology. Teknologi ini memungkinkan warna yang dihasilkan tetap tajam dan sempurna saat dilihat dari berbagai sudut pandang. Biasanya produk lain jika layarnya dilihat dari sudut kiri, kanan, atas, dan bawah, output yang dihasilkan layar tidak sempurna, ada saja gambar atau tulisan yang tidak bisa dilihat dengan jelas, tetapi kamu tidak akan merasakan kejadian tersebut pada ASUS Vivobook S15 karena notebook ini sudah menggunakan  layar yang support wide-view technology. Selain itu, layar ini juga memiliki kelebihan yaitu menggunakan panel Anti-glare yang tidak memantulkan cahaya secara langsung, sehingga saat kamu menggunakan notebook ini di lingkungan luar, kamu tidak akan terganggu dengan pantulan cahaya.
Layar yang digunakan adalah IPS dengan jenis panel LG Philips yang dapat diatur tingkat kecerahannya sampai 250 nits, jenis layar ini cukup berkualitas dan sangat ideal untuk digunakan sehari-hari. Untuk tipe panelnya sendiri akan berbeda disetiap pemasarannya, notebook ini juga ada yang menggunakan tipe panel AUO B156HAN02.1 dengan teknologi yang sama. Adapun jenis layar ASUS VivoBook S15 yang dodixtekno himpun dari ultrabookreview.com dan notebookcheck.net sebagai berikut.

Review Asus VivoBook S15 S510UQ - Panel LED
- Panel HardwareID: LG Philips LGD0573 / AUO B156HAN02.1;
- Cakupan : 68% sRGB, 48% NTSC;
- Ukuran Gamma: 2.4;
- Tingkat kecerahan: 246 cd/m2 ;
- Kontras: 740:1;
- Point Warna Putih: 7100 K;
- Point Warna Hitam: 0.33 cd/m2;
- DeltaE: 2.33 uncalibrated, 0.97 calibrated.

● Bezel Tipis

Review Asus VivoBook S15 S510UQ - bezzel
Bezel VivoBook S15 merupakan salah satu jenis bezel yang tertipis di kelasnya yang memiliki ukuran 7,8mm sehingga layar Vivobook S15 yang berukuran 15" terlihat rapi dengan bezel setipis ini.


 Panel Dudukan

Review Asus VivoBook S15 S510UQ - panel dudukan
ASUS VivoBook S15 memiliki  desain panel dudukan yang baru dengan warna yang solid serta finishing metalik yang diamplas halus. Sehingga notebook ini tidak mudah bergeser saat ditaruh di tempat yang memiliki kemiringan tertentu.

● Desain Keyboard

Review Asus VivoBook S15 S510UQ - desain keyboard
Tombol keyboard yang didesain sedikit turun dibandingkan body notebook. Dengan metode ini akan meningkatkan kenyamanan pengguna dalam mengetik. Selain itu, dengan desain keyboard tersebut akan mengantisipasi terjadinya gesekan antara layar dengan keyboard saat notebook ditutup yang mengakibatkan noda permanen pada layar. Pengalaman saya punya notebook dengan tombol keyboard yang agak menonjol menyebabkan layar notebook saya lecet akibat bergesekan dengan keyboard. Tetapi ASUS VivoBook S15 sudah mengantisipasinya dengan baik. Dipojok kanan atas keyboard terdapat tombol power untuk menghidupkan atau mematikan notebook. Kamu akan lebih mudah mengakses tombol power karena penempatannya digabung dengan tombol keyboard sehingga notebook ini terlihat rapi tanpa banyak tombol dibagian body. Kita lihat dibagian bawah keyboard, tombol panah kiri dan kanan dibuat semacam batas beberapa milimeter dengan tombol panah atas dan bawah, ini fungsinya untuk mengurangi salah pencet saat mengetik cepat. Dengan desain keyboard yang penuh inovasi seperti ini, kenyamanan pengguna sangat terjamin.

PERFOMANCE

Kinerja tinggi dengan spesifikasi mumpuni 

Performa merupakan salah satu aspek yang diutamakan oleh ASUS. Sudah menjadi ciri khas ASUS yang selalu menghadirkan perangkat dengan spesifikasi tinggi namun harga lebih terjangkau dari produk kompetitor. ASUS VivoBook S15 memiliki performa yang cukup handal untuk menjalankan berbagai macam kegiatan. Berikut akan saya ulas secara tuntas mengenai performa prosesor, kartu grafis, dan storage.

Spesifikasi Asus VivoBook S15 S510UQ

● Prosesor

Notebook ini diperkuat dengan prosesor Intel Core i5 7200U yang merupakan generasi ke-7 dengan arsitektur KabyLake yang dikenal hemat energi, hanya 7,5 sampai 25 watt konsumsi daya. Walaupun hemat energi, prosesor dengan cache 3MB ini memiliki kecepatan standar 2,5GHz yang dapat ditingkatkan hingga 3,1Ghz membuatnya cukup stabil untuk digunakan. Ditambah untuk menunjang multitasking yang cukup padat, ASUS menyematkan 4GB RAM DDR4 berkecepatan 2133MHz.  Peningkatan performa prosesor ini dari generasi sebelumnya (Skylake) lumayan signifikan, yaitu sebesar 16% sampai 30% sehingga perbedaan kinerja per-MHz tidak jauh berbeda. Prosesor ini juga menyertakan dual-channel DDR4 memory controller dan kartu grafis Intel HD Graphics 620 yang memiliki kecepatan 300MHz - 1050MHz. Kamu harus tau, prosesor yang digunakan ASUS VivoBook S15 diproduksi dengan proses 14nm FinFET oleh Intel sehingga peningkatan clockspeed dari generasi sebelumnya (6200U) lumayan sekitar 300MHz. Adapun kinerja prosesor yang diukur dengan aplikasi benchmark sebagai berikut.

Spesifikasi Asus VivoBook S15 S510UQ - benchmark
Spesifikasi Asus VivoBook S15 S510UQ - PCmark
Sumber : notebookcheck

Dari hasil benchmark yang dilakukan oleh notebookcheck.net menunjukkan performa ASUS VivoBook S15 yang menakjubkan. Tidak dipungkiri lagi, dengan point diatas rata-rata produk kompetitor, serta fps yang stabil di 30fps menjadikan notebook ini sangat responsive dan cocok untuk menjalankan aplikasi berat yang membutuhkan kinerja prosesor.

● Kartu Grafis (GPU)

Selain prosesor yang tangguh, kartu grafis juga sangat berperan penting untuk menunjang performa notebook, seperti bermain game HD, pengolahan citra, rendering. Meskipun notebook ini sudah punya grafis terintegrasi yang cukup handal yaitu Intel HD Graphics 620, ASUS tetap melengkapi notebook ini dengan kartu grafis yang lebih mumpuni yaitu Nvidia GeForce 940MX dengan VRAM 2GB.

Kinerja Intel HD Graphics 620 ini cukup handal, bahkan performanya setara dengan Nvidia Geforce 920M, menarik bukan? Intel HD Graphics 620 memiliki kecepatan pemrosesan grafis sebesar 300MHz - 1050MHz (tergantung dari model prosesor). Menurut notebookcheck.net yang sudah dodixtekno rangkum, Kinerja Intel HD 620 yang digunakan ASUS VivoBook S15 lebih besar 20% dibandingkan produk kompetitor yang sama menggunakan kartu gafis Intel HD 620. Patut dibanggakan karena ASUS berhasil memaksimalkan performa kartu grafis yang terintegrasi ini secara optimal.

Disisi lain, kartu grafis berbasis Nvidia GeForce 940MX yang diusung VivoBook S15 memiliki kinerja 60% lebih baik dari Intel HD Graphics 620. Tidak heran, karena kartu grafis ini merupakan produk keluaran terbaru yang di desain khusus dengan performa tinggi. Kartu grafis yang dibuat dengan teknologi 28nm ini memiliki memory VRAM sebesar 2GB serta berkecepatan 1122 - 1242 (Boost) MHz. Nvidia GeForce 940MX juga memiliki fitur seperti GPU Boost 2.0, Optimus, PhysX, CUDA, GeForce Experience, dan GameWorks yang menunjang pengalaman kamu dalam bermain Game HD atau melakukan komputasi yang membutuhkan kinerja grafis.

Baca juga : Cara bermain Game PS3 dengan Emulator PS3

Kedua kartu grafis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, ini menjadi alasan mengapa ASUS menyematkan kartu grafis berbasis Nvidia GeForce 940MX untuk menopang performa notebook ini lebih baik lagi. Adapun hasil benchmark yang dodixtekno himpun dari situs technews sebagai berikut.

VGA Asus VivoBook S15 S510UQ

Dari hasil tersebut bisa kita lihat perbedaan performa kartu grafis Intel HD 620 dengan GeForce 940MX. Tetapi kamu tidak usah permasalahkan, karena kedua kartu grafis tersebut sudah disematkan dalam notebook ini. Walaupun notebook ini bukan tergolong notebook gaming, tidak ada salahnya mencoba game-game HD yang ada, bahkan notebook ini bisa menjalankan game HD seperti Unigine Heaven 4, Dota 2, GTA V, CS GO. Berikut performa VivoBook S15 menjajal game HD dengan fps yang lumayan stabil.
VGA Asus VivoBook S15 S510UQ - performance game
ASUS VivoBook S15 biasanya diminati oleh orang kantoran yang penuh mobilitas dan ingin tampil stylish, tetapi tidak menutup kemungkinan juga cocok bagi kamu yang suka main Game HD berkat spesifikasi yang diusung notebook ini lumayan mumpuni untuk menjajal berbagai jenis game HD.

● Hybrid Storage System

Untuk tempat penyimpanan data, ASUS menawarkan 2 jenis storage yang memiliki performa berbeda. Keunggulan hybrid storage dari ASUS VivoBook S15 memberikan pengalaman baru karena kecepatan SSD (Solid State Drive) yang impresif serta kapasitas HDD yang besar. Storage juga sangat berperan penting untuk memaksimalkan kinerja notebook yang semakin cepat. HDD SATA dengan kecepatan 5400rpm ini dapat menyimpan banyak data, karena HDD ini memiliki kapasitas yang sangat lega yaitu sebesar 1TB. Disamping itu, SSD SATA3 dengan interface M.2 yang diusung ASUS VivoBook S15 ini memiliki kecepatan transfer rate yang sangat cepat yakni hingga 500MB/s dibandingkan dengan transfer rate HDD yang hanya 130MB/s. 

HDD+SSD Asus VivoBook S15 S510UQ

Kapasitas SSD yang diusung tidak telalu besar, yakni 128GB. Tetapi kamu bisa upgrade hingga 512GB. Kamu harus ingat notebook ini hanya mendukung SSD dengan slot M.2. Kombinasi Hybrid Storage ini dapat meningkatkan performa ASUS VivoBook S15 pada kecepatan read-write yang impresif, booting sistem yang lebih singkat, serta loading aplikasi yang cepat. Performa prosesor yang kencang saja tidak cukup untuk menghadirkan performa yang gegas, sehingga ASUS membekali VivoBook S15 dengan media penyimpanan berupa Hybrid Storage (SSD+HDD).

Jaringan dan Konektivitas yang lengkap

ASUS VivoBook S15 sudah dilengkapi dengan jaringan yang berkualitas, Bluetooth V4.1 dan Wireless tipe dual-band 802.11 ac (2x2) dengan module Intel dual-band 8265 yang terintegrasi MU-MIMO. Menurut informasi yang dodixtekno himpun dari situs resmi ASUS, Wireless jenis terbaru ini memiliki kecepatan 6 kali lebih cepat dari versi terdahulunya (802.11n). Ini berarti penggunaan module Intel Dual-band 8265 berhasil meningkatkan performa wireless notebook ini sampai 84% lebih cepat dari produk kompetitor dengan kecepatan menerima data 639MB/s dan kecepatan mengirim data 490MB/s. Tidak perlu diragukan lagi, kualitas WIFI dari notebook ini diatas rata-rata.

jaringan dan konektivitas Asus VivoBook S15 S510UQ

Adapun varian port yang disematkan pada ASUS VivoBook S15 yakni, port USB 3.1 dengan konektor USB Type-C yang membuat perangkat penghubung menjadi lebih simpel dan cepat berkat desain any-way-up. Selain lebih simpel, USB 3.1 juga memiliki keunggulan dari segi kecepatan transfer data hingga 5x lebih cepat dari versi USB lama yaitu USB 2.0. Walaupun notebook ini sudah mengusung USB versi terbaru, ASUS tetap menyisipkan 2 buah USB 2.0 di sisi kanan notebook guna untuk mendukung perangkat lama tetap bisa terhubung. SD Card dengan kecepatan transfer data 30MB/s juga melengkapi konektivitas ASUS VivoBook S15.

Baca juga : Cara Share Koneksi Wifi Lewat Bluetooth di Android

Backlit Keyboard dan Touchpad yang dilengkapi FingerPrint Scanner

Keyboard ASUS VivoBook S15 didesain khusus untuk mendukung kenyamanan pengguna saat mengetik. Tombol keyboard memiliki permukaan dan jarak yang cukup lega sekitar 1,4mm sehingga tingkat akurasi saat mengetik sangat dijamin. Kontruksi keyboard yang kokoh serta letak tombol keyboard yang sedikit lebih rendah dari body notebook memberikan pengalaman mengetik yang ergonomis dan nyaman. Penambahan fitur Backlit pada keyboard di beberapa seri ASUS Vivobook S15 sangat berguna saat digunakan pada kondisi kurang cahaya. Selain bermanfaat, Backlit yang memiliki 4 tingkat kecerahan ini juga membuat penampilan dari notebook ini terlihat lebih premium dan stylish.

Backlit Keyboard Asus VivoBook S15 S510UQ

ASUS VivoBook S15 memiliki touchpad yang sangat presisi dengan ukuran 5 inci. Dibalut material halus serta finishing yang sempurna membuat touchpad ini sangat smooth saat di sentuh. Pada bagian bawah touchpad terdapat 2 tombol yang memiliki desain sangat simpel. Ketika ditekan, tombol tesebut terasa empuk dan suara tombol yang dihasilkan tidak terlalu mengganggu. Touchpad ini sudah mendukung input multi-gesture sampai 4jari, sehingga bisa mendukung lebih banyak opsi yang tersedia pada touchpad. Secara sederhana fitur ini adalah serangkaian pola gerakan khusus yang telah dibuat secara sistematis untuk pengoprasian touchpad yang lebih nyaman. Adapun opsi pada touchpad yang saya maksud bisa kamu lihat pada gambar berikut ini.
Touchpad Asus VivoBook S15 S510UQ
Touchpad ini juga memiliki keunggulan untuk menghindari kesalahan pengetikan saat telapak tangan kamu tidak sengaja menyentuh touchpad yang dinamakan palm rejection. Fitur lain yang terdapat pada touchpad ASUS VivoBook S15 adalah fingerprint scanner berbasis biometrik. Fingerprint biasanya tersedia di notebook kelas premium, tetapi ASUS tetap menghadirkan fitur canggih ini pada ASUS VivoBook S15 yang notabene disegmen menengah serta memiliki harga terjangkau guna menciptakan inovasi dan pengalaman baru bagi kamu yang memiliki kendala di budget.
Fingerprint ini terletak di touchpad, tepatnya di pojok kanan atas touchpad.

Fingerprint Asus VivoBook S15 S510UQ

Menurut informasi yang dodixtekno himpun, fingerprint ini membutuhkan waktu sekitar 0,3 detik untuk melakukan scaning, bisa dikatakan fingerprint ini memiliki tingkat keakuratan yang tinggi. Kamu harus tau, fingerprint ini mendukung fitur login aman milik Windows 10 Helllo, cukup dengan sentuhan jari saja kamu sudah bisa masuk ke Sistem Operasi. Selain memudahkan saat login ke OS, security berbasis fingerprint ini juga menjamin keamanan data pribadi kamu jika suatu saat notebook ini hilang atau dicuri.

Fitur dan Software Pendukung 

● Sistem Operasi Endless OS

Ada yang unik saat peluncuran ASUS VivoBook S15, notebook ini dipasarkan dengan Sistem Operasi Endless OS khususnya di Indonesia. Memang sesuatu hal yang baru ketika sebuah notebook dipasarkan dengan Sistem Operasi yang berbasis linux ini. Tetapi secara spesifikasi hardware, ASUS VivoBook S15 sudah mendukung Sistem Operasi Windows 10. Endless OS menawarkan beraneka ragam fitur serta aplikasi yang sangat menarik untuk mendukung aktivitas kamu, mau tau apa saja ? Berikut ulasannya.

Sistem Operasi Endless OS Asus VivoBook S15 S510UQ

Endless OS merupakan Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Endless Mobile. Walaupun berbasis Linux, Sistem Operasi ini sangat mudah di operasikan oleh orang yang biasanya lebih familiar terhadap OS Windows, bahkan orang yang baru mengenal Komputer juga dengan mudah menggunakan OS ini. Dari segi keamanan, Endless OS menawarkan berbagai fitur menarik yang dapat menjamin data pribadi kamu tetap aman. Selain itu, berkat Endless OS berbasis Linux menjadikan sistem operasi ini lebih tahan terhadap serangan virus dibandingkan sistem operasi lain. Desain yang simpel serta dirancang sedemikian rupa menghasilkan Sistem Operasi berbasis linux yang memiliki tampilan mudah dipahami serta dukungan banyak aplikasi gratis guna memanjakan pengguna agar tetap nyaman menggunakan notebook ini.

● Visual

ASUS VivoBook S15 menghadirkan 2 teknologi yang berfokus pada peningkatan visual. Teknologi ini akan memaksimalkan setiap komponen layar sehingga warna yang dihasilkan menjadi lebih maksimal dengan tingkat saturasi yang alami. Sementara itu, pengoptimalan visual dari sisi software dapat menghasilkan foto dan video yang menakjubkan. Berikut ulasan teknologi visual yang digunakan ASUS VivoBook S15.

1. ASUS Splendid
Asus Splendid for VivoBook S15 S510UQ

Teknologi ini dapat mengontrol kualitas layar dengan cermat serta penyetelan parameter layar sehingga meminimalisir perbedaan kontras pada setiap warna yang dihasilkan layar. Cara kerja dari teknologi ASUS Splendid cukup sederhana, teknologi ini memastikan semua panel display menunjukkan warna yang identik dan akurat. Dari segi teknis, teknologi ini akan menggunakan kombinasi koreksi gamma dan koreksi suhu dengan konfigurasi perangkat lunak sehingga menghasilkan warna yang menakjubkan.
Adapun 4 mode preset pada ASUS Splendid yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera.

- Normal Mode merupakan mode standar yang dioptimalkan dari pabrikan. Mode ini memungkinkan Kombinasi suhu gamma dan warna yang konsisten di seluruh panel ASUS Splendid. Mode normal adalah mode default untuk ASUS Splendid dan sangat cocok digunakan sehari-hari.
- Eye Care Mode merupakan mode yang akan mengurangi tingkat cahaya biru sehingga tampilan layar lebih nyaman untuk dilihat.
- Vivid Mode merupakan mode yang dapat menyesuaikan pengaturan tampilan untuk menghasilkan warna sangat hidup dengan tingkat saturasi yang disesuaikan.
- Manual  Mode merupakan mode yang akan memberi kamu kontrol atas pengaturan kontras, kecerahan, saturasi, dan suhu warna. Sehingga kamu dapat menyesuaikan tampilan agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu sendiri.

2. ASUS Tru2life Video
Asus Tru2Life for VivoBook S15 S510UQ

Teknologi ASUS Tru2Life membuat video yang kamu miliki terlihat sempurna dengan menggunakan perangkat lunak cerdas yang mengoptimalkan pixel disetiap frame video sehingga menghasilkan kualitas video terbaik. ASUS Tru2Life menggunakan algoritma perangkat lunak cerdas untuk meningkatkan kualitas, ketajaman dan kontras setiap frame video, sehingga video terlihat lebih jelas, lebih rinci dan lebih realistis. ASUS Tru2Life menganalisis setiap pixel dalam frame dan mengoptimalkan kecerahan serta ketajamannya secara terpisah. Adapun aspek yang akan berperan penting dalam Tru2Life sebagai berikut.

- Peningkatan ketajaman
Tru2Life Video dapat mengoptimalkan lebih dari satu juta nilai ketajaman per frame, sehingga menghasilkan detail yang lebih tinggi untuk gambar yang lebih hidup pada video yang kamu putar.

- Peningkatan kontras
Tru2Life Video dapat menganalisis histogram kecerahan untuk setiap pixel video di setiap frame, lalu dengan cerdas menyesuaikan nilai tingkat kecerahan dan tingkat kegelapan. Hal ini dapat meningkatkan kontras hingga 200% dan menonjolkan detail tersembunyi di area gelap sambil menjaga area terang sebaik mungkin. Dengan algoritma cerdas ini, video yang kamu putar pada ASUS VivoBook S15 akan lebih berwarna, lebih hidup, dan lebih tajam dengan kontras yang sempurna.

Teknologi ASUS SonicMaster Menghasilkan Melodi yang Merdu

ASUS VivoBook S15 dilengkapi dengan speaker stereo 2W yang terintegrasi baik sehingga menghasilkan lantunan suara dengan keseimbangan superior antara frekuensi bass dan treble. 
Teknologi ini akan memaksimalkan performa speaker disertai penyetelan audio sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengalaman kamu dalam mendengarkan musik dengan kualitas sejernih kristal.

Asus SonicMaster for VivoBook S15 S510UQ

Untuk mendapatkan suara terbaik, ASUS memerlukan riset yang akan memastikan pihaknya memilih speaker yang cocok untuk karakteristik VivoBook S15. ASUS memastikan speaker ditempatkan hanya dalam posisi yang tepat untuk mendapatkan hasil audio yang maksimum, maka dari itu ASUS merancang speaker VivoBook S15 tepat di bagian bawah body notebook dan mengarah kedepan, sehingga suara akan memantul dari bawah keatas. Dengan dimensi ruang suara dan posisi speaker seperti ini akan menghasilkan suara yang keras tanpa mengalami distorsi.

Battery Tahan Lama dengan Optimasi Canggih

Selain performa yang mumpuni, ASUS VivoBook S15 juga menawarkan Battery yang memiliki keunggulan tersendiri. Battery Polimer litium dengan 3 Cell 42 Whrs ini diklaim dapat bertahan hingga 3x lebih lama umur pemakaiannya dibandingkan baterai silinder Lithium-ion yang standar. ASUS membaca kebiasaan pengguna yang sering melakukan pasang cabut kabel adapter serta melakukan pengisian daya secara berlebihan yang berpotensi merusak cell battery dengan menghadirkan 2 teknologi untuk mengantisipasi hal tersebut sekaligus memperpanjang umur baterai. Penasaran ? berikut ulasan singkat mengenai teknologi yang diusung baterai notebook ini.
  1. SuperBattery merupakan teknologi yang memungkinkan untuk memonitor serta membatasi pengisian maksimal pada baterai. Kamu tidak perlu kawatir lagi jika berlebihan mengisi daya baterai notebook ini. Teknologi ini akan secara otomatis memutus daya listrik dari adaptor ke cell baterai walaupun pada indikator baterai sudah mencapai 100%, sehingga umur baterai notebook ini lebih tahan lama. Adapun sikus pengisian baterai ASUS VivoBook S15 yang mampu mencapai 900 kali charge dibandingkan dengan produk kompetitor yang hanya bisa mencapai 300 kali sudah mengalami penurunan performa pada cell baterai. 
  2. ASUS Battery Health Charging App bisa merupakan teknologi berbasis aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk secara manual menentukan tingkat RSOC (Relative State of Charge) pada baterai. Fungsinya hampir sama seperti SuperBattery yang memutuskan daya pada pengisian baterai jika sudah penuh, namun pada teknologi ASUS Battery Health Charging ini kamu bisa mengaturnya secara manual berapa persen notebook ini akan berhenti mengisi daya, misalnya pada tingkat 60%, 80%, atau 100%. 
Battery Performance Asus VivoBook S15 S510UQ

Untuk daya tahan baterainya sendiri, notebook dengan desain slim ini mampu bertahan hingga 4,5 jam dalam penggunaan normal seperti browsing, menghidupkan wifi, memutar lagu dan video. Cukup awet untuk ukuran baterai yang memiliki 3 Cell ini. Dengan aplikasi ASUS Battery Health Charging, notebook ini akan menyesuaikan performa yang dibutuhkan sistem sehigga efesiensi penggunaan energi lebih diutamakan dan jangka waktu baterai bisa bertahan hingga 10 jam lebih. Adapun 3 Opsi pada aplikasi Battery Health Chargings yang dapat kamu pilih sebagai berikut :

Asus battery Health Charging for VivoBook S15 S510UQ
  1. Full Capacity Mode merupakan mode untuk melakukan pengisian baterai sampai maksimal 100% dan pengisian daya akan di stop secara otomatis jika baterai sudah penuh. 
  2. Balanced Mode merupakan mode yang akan melakukan stop charging bila baterai sudah mencapai 80% dan akan melakukan pengisian daya lagi jika baterai sudah mencapai 78%. Dengan tingkat energi baterai 80%, mode ini cocok saat kamu sedang bepergian seperti rapat dan konferensi.
  3. Maximum Lifespan Mode merupakan mode yang hampir sama seperti diatas, tetapi mode ini akan melakukan stop charging jika baterai sudah mencapai 60%. Mode ini cocok saat kamu sedang full-time menggunakan notebook dengan keadaan adaptor yang selalu di pasang pada stop kontak listrik, sehingga umur baterai akan lebih awet.

Uji Emisi ASUS VivoBook S15 (Temperatur, Noise, Konsumsi Daya)

Asus IceCool for VivoBook S15 S510UQTemperatur

Temperatur menjadi salah satu faktor kenyamanan pengguna saat menggunakan notebook, seperti mengetik, bermain game, browsing, karena secara langsung telapak tangan kita bersentuhan dengan body notebook. Maka dari itu, pengoptimalan temperatur sangat diperlukan. Teknologi ASUS IceCool yang diusung VivoBook S15 dapat mengoptimalkan temperatur menjadi stabil. Selain itu, penempatan single cooling pan dan heatpipe yang menyebar baik pada prosesor dan GPU juga berperan penting untuk menjaga suhu notebook tetap dingin. Dengan pengontrolan kipas yang cerdas menciptakan cooling system yang dapat menjaga suhu palm-rest dibawah 35°C, sehingga kamu akan tetap nyaman menggunakan notebook ini dengan suhu yang stabil.

Ventilasi Pendingin Asus VivoBook S15 S510UQ

Selain penempatan single cooling pan dan heatpipe yang strategis, tempat pembuangan udara juga perlu diperhatikan. Menurut informasi yang dodixtekno himpun, sistem pembuangan udara dari ASUS VivoBook S15 berada dibawah layar. Sistem cooling seperti ini membuat siklus udara yang keluar akan mengarah ke layar. Memang dari segi desain akan tampak lebih simpel dan elegant karena tempat pembuangan udara tidak lagi di samping kanan atau kiri. Bagi sebagian orang beranggapan sistem pembuangan udara seperti ini memiliki kekurangan misalnya tidak support vacuum cooler yang menyedot udara panas dari sisi kiri atau kanan body.

Ventilasi udara Asus VivoBook S15 S510UQ
Sumber : nasilemaktech

Pada bagian bawah notebook ini tidak terdapat lubang ventilasi, sehingga jika kamu memiliki cooling pad tidak akan maksimal penggunaanya untuk menurunkan suhu notebook ini. Sebenarnya lubang ventilasi pada bagian bawah body sangat berguna untuk siklus masuk udara segar kedalam notebook, tetapi ASUS sudah memperkirakan dengan cermat untuk tidak meberikan lubang ventilasi pada bagian bawah notebook guna untuk meminimalisir masuknya debu dari bawah body sehingga komponen bagian dalam notebook ini tidak gampang kotor terkena debu. Saya punya pengalaman memiliki notebook yang bagian bawah body terdapat lubang ventilasi dan alhasil notebook saya cepat sekali kotor bagian dalamnya sehingga membuat temperatur dalam notebook menjadi panas karena sistem cooling tersumbat debu dan saya harus membersihkannya setiap bulan.

Temperatur Asus VivoBook S15 S510UQ

Kita beralih ke temperatur notebook ini, pada pemakaian normal, notebook ini diklaim pihak Asus memiliki suhu dibawah 35°C saat sedang idle, dan ini terbukti benar suhu notebook ini memang sangat stabil sekitar 26°C, namun untuk penggunaan lebih expert yang membutuhkan performa tinggi serta konsumsi daya yang banyak akan mengakibatkan suhu naik secara signifikan sekitar 46°C. Bisa dikatakan teknologi Asus IceCool berhasil mengoptimalkan sistem pendinginan pada notebook ini menjadi lebih sempurna.

Noise

Tingkat kebisingan yang dihasilkan kipas pendingin saat keadaan notebook sedang idle yaitu 30 dB  dan tingkat kebisingan dan HDD sekitar 30,2 dB. Bisa dikatakan cukup rendah dan tidak mengganggu pendengaran, walaupun pada lingkungan yang sangat sunyi masih terdengar. Suara bising yang dihasilkan akan meningkat sekitar 7 - 10 dB saat kamu sedang multitasking ataupun menggunakan notebook ini pada performa maksimum.

Noise Asus VivoBook S15 S510UQ

Menurut informasi yang dodixtekno himpun, suara kipas pada notebook ini saat menjalankan aplikasi dengan performa sedang tidak terlalu bising, seperti membuka aplikasi 3DMark06, Prime95 dan FurMark yang mengakibatkan suara kipas meningkat ke 36 dB. Sedangkan, pada performa maksimum seperti bermain game atau menjalankan beban pemrosesan yang intensif, RPM kipas meningkat seiring dengan suara kipas dengan rentang 37 dB dibandingkan kebanyakan notebook memiliki tingkat kebisingan kisaran 40 dB saat dalam keadaan maximum-load serupa.

Konsumsi Daya

Power konsumsi Asus VivoBook S15 S510UQASUS VivoBook S15 tergolong notebook yang hemat dalam hal konsumsi daya. Notebook ini hanya membutuhkan 4,6W - 7,7W saat dalam keadaan idle. Dengan konsumsi daya yang super irit, notebook ini cocok untuk digunakan sehari-hari. Untuk konsumsi daya saat pemrosesan yang ekstrem seperti menjalankan aplikasi Prime95 and FurMark, notebook ini membutuhkan daya sebesar 36W. Hal tersebut normal lantaran notebook ini memiliki performa yang tinggi untuk menjalankan aplikasi berat. Selain itu, pasokan daya yang diterima dari adaptor berukuran (6.5 x 6.5 x 3 cm) yaitu 45W, sehingga kebutuhan daya listrik 36W dari notebook ini dapat terpenuhi dengan baik.

Kesimpulan

Seperti yang telah admin katakan pada ulasan diatas, ASUS VivoBook S15 hadir dengan menawarkan spesifikasi yang mumpuni serta memiliki desain dan fitur yang menarik sehingga notebook ini sangat rekomendasi dikalangan menengah dengan harga lebih terjangkau dibandingkan produk kompetitor. Saat ini ASUS VivoBook S15 sudah dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp.9.799.000 untuk versi core i5. Ada banyak hal yang perlu disebutkan mengenai fitur, dan yang paling menarik adalah Layar NanoEdge dengan ukuran 15,6 inci yang sangat besar dibandingkan notebook kompetitor sekelasnya yang masih menggunakan layar 14 inci, serta dikombinasikan dengan desain yang tipis dan ringan membuat VivoBook S15 merupakan notebook paling portabel yang pernah admin kenal. Selain itu, dengan dukungan prosesor Intel Core i5 7400U, 4GB RAM, Nvidia GeForce 940MX, serta Fingerprint Scanner, menjadikan ASUS VivoBook S15 sebagai standar masa kini untuk sebuah notebook yang canggih dan aman.
Adapun spesifikasi lengkap dari ASUS VivoBook S15 yang bisa kamu lihat pada tabel berikut ini.
Spesifikasi Asus VivoBook S S510UQ
CPUIntel® Core™ i5 7200U Processor (3M Cache, up to 3.1GHz)
Operating SystemEndless OS
Memory4GB DDR4 RAM
Storage128GB SATA 3 M.2 SSD + 1TB HDD
Display15,6” (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) with slim bezel
GraphicsDiscrete graphics Nvidia GT940MX 2GB VRAM
Input/Output1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x Fingerprint (On selected models), 1 x HDMI, 1 x USB 3.0 port(s), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 port(s)
CameraVGA Web Camera
ConnectivityIntegrated 802.11ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
AudioBuilt-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone ASUS SonicMaster Premium Technology
Battery3 Cells 42 Whrs Battery
Dimension(WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm
Weight1,7Kg with Battery
ColorIcicle Gold

Harga Asus VivoBook S S510UQ
HargaRp 9.799.000
Garansi2 tahun garansi global senilai Rp900.000
Penilaian Review
Review Asus VivoBook S S510UQ : Paduan Desain Elegan dan Performa Tinggi dalam Balutan Inovasi | Dodix Setiawan | 5

4 Komentar Review Asus VivoBook S S510UQ : Paduan Desain Elegan dan Performa Tinggi dalam Balutan Inovasi

  1. I am getting my hands on this gadget. It's superb.

    BalasHapus
  2. Ktmu jga review performa batre vivobook s15, lumayan irit trnyata. Btw laptop ini kuat pke aplikasi unity om? Ane mau beli pake kuliah

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja kuat gan, notebook ini sudah menggunakan prosesor core i5 yang bertenaga dan di perkuat dengan Nvidia 940MX yang akan memaksimalkan performa mengolah grafis saat buka aplikasi Unity gan

      Hapus

Silahkan berkomentar sesuai dengan postingan.
Dilarang komentar spam dan mencantumkan Link Aktif !

Back To Top