DSO7j3yGh62myi8pOoPtpNy7RsInGm4biMkYWoPX

Cara Mengatasi Android Lemot Terbukti Ampuh

Dodixtekno.netCara Mengatasi Android Lemot Terbukti Ampuh. Pada kesempatan ini saya akan membagikan bagaimana cara mengatasi hp android yang tiba - tiba lemot saat menjalankan aplikasi atau saat bermain game. Tutorial ini bisa diterapkan di semua merk smartphone, seperti Samsung galaxy, Oppo, Xiaomi Mi, Vivo, Cross, Sony, Luna, dan lain sebagainya. Semua device dengan sistem operasi android pasti akan mengalami penurunan performa. Pastinya dengan keadaan seperti ini anda akan merasa kesal karena Hp anda akan macet dan tidak bisa digunakan secara normal. Untuk mengatasi masalah tersebut, dodixtekno akan membantu anda memulihkan kondisi android anda menjadi normal kembali. Mau tau bagaimana caranya ? Yuk simak ulasan berikut ini.

Baca juga :  Cara Mengatasi Sinyal 3G 4G yang Sering Hilang dan Lock Sinyal 4G LTE pada Android

Cara Mengatasi Android Lemot

Penurunan performa pada perangkat android memang bukan hal yang baru, sejak dari pertama peluncuran smartphone berbasis android hingga sekarang masih saja mengalami penurunan performa seperti : Hp tiba - tiba lemot, stuck di loading aplikasi, tidak bisa kembali ke menu utama atau home, hp macet saat bermain game, dan lain sebagainya. Ada banyak faktor yang menyebabkan smartphone android mengalami penurunan performa, mulai dari faktor internal dan faktor eksternal. 

Faktor Android Menjadi Lemot

Android lemot dan lola disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini, yaitu :
  • Umur hp Android sudah terlalu lama. Semua perangkat elektronik yang sudah lama digunakan akan mengalami penurunan performa, walaupun tidak signifikan dan tidak terasa secara kasat mata. Tetapi untuk mengatasinya anda bisa lakukan perawatan pada Smartphone android anda seperti update software, atau mengganti suku cadang lainnya seperti battery.
  • Memory Internal yang sudah Hampir Penuh.
  • Pernah Jatuh dari Ketinggian.
  • Banyak aplikasi yang terinstal.
  • Hp sering digunakan untuk main game hingga Over Heat
  • Banya Widget yang terpasang.
Dari faktor tersebut, anda bisa lakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Caranya juga terbilang cukup mudah dilakukan. Anda hanya butuh kesabaran ekstra untuk menerapkannya.

Cara Mengatasi Android Lemot

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari tahu apa yang menyebabkan masalah tersebut terjadi, apakah disebabkan karena beberapa aplikasi? apakah disebabkan karena kepenuhan RAM dan Memory Internal? Apakah disebabkan karena sistem itu sendiri?. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menunjukkan kepada anda mengenai informasi beban CPU secara real-time, Melihat ikhtisar lalu lintas jaringan untuk data seluler dan jaringan Wi-Fi, Melihat penggunaan GPU dan penggunaan RAM serta informasi yang lain.

1. Force Close / Tutup Paksa Aplikasi yang tidak perlu

Smartphone yang menggunakan sistem Android melakukan pekerjaan yang baik dalam mengelola sumber daya, namun memiliki banyak aplikasi yang terbuka dapat menyebabkan beberapa perangkat android menjadi lambat. Hal pertama yang harus dicoba adalah menutup paksa dari aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan. Anda dapat menutup aplikasi dengan cara klik Setelan > Aplikasi > Manajer Aplikasi > Pilih aplikasi yang ingin di tutup > klik Force Close.

2. Hapus Cache Aplikasi

Aplikasi android secara perlahan membuat file cache secara otomatis tanpa kita ketahui, Hal ini dapat menyebabkan memory internal Smartphone android anda menjadi penuh secara tidak langsung. Sehingga Hp anda menjadi lambat dan lemot. Untuk menghapus cache secara manual, masuk ke Settings dan kemudian ke Applications. Pilih aplikasi yang sering Anda gunakan, seperti browser atau aplikasi sosial media, dan temukan tombol Clear Cache. Lakukan ini untuk semua aplikasi yang paling sering anda gunakan.

Jika Anda ingin menghapus semua cache sekaligus, Anda dapat mendownload aplikasi pembersih seperti App Cache Cleaner, yang memiliki opsi Hapus Semua Cache. Dengan ini, Perangkat android anda akan semakin berjalan normal karena tidak dibebani cache yang menumpuk di penyimpanan internal hp anda.


3. Matikan Animasi Pada Template atau Launcher

Animasi pada launcher dapat menyebabkan Smartphone anda lemot. Untuk mengatasinya, Anda harus mencari opsi Skala Animasi Window dan memilih untuk Mematikan Animasi untuk meningkatkan kinerja perangkat Anda. Caranya ada pada opsi pengaturan tersembunyi di Android yang akan memberi Anda akses ke beberapa perintah tambahan. Buka Pengaturan> About> Nomor Seri dan ketuk sebanyak tujuh kali. Anda sekarang diberi akses ke Opsi Pengembang. Selanjutnya rubah skala animasi menjadi 1.0

Baca juga : Cara bermain game PS3 dan Download Emulator PS3 Terbaru untuk Android

4. Matikan Widget berlebihan pada Homescreen

Widget yang berlebihan pada tampilan homescreen Hp anda juga dapat menyebabkan kinerja menjadi menurun, itu disebabkan widget tersebut berjalan secara real-time sehingga menguras kinerja hp anda. Aplikasi mini yang sangat membantu terkadang bisa menghabiskan terlalu banyak sumber daya. Beberapa widget seperti jam atau bookmark Chrome bisa menjadi tambahan widget di layar utama Anda, tapi ingat, setiap widget berjalan secara real time saat Anda menggunakan perangkat Anda.

Jika Anda telah menginstal sejumlah widget dari aplikasi pihak ketiga, cobalah mengurangi dengan cara menonaktifkan widget tersebut.

Anda dapat menghapus widget dengan cara menekan jari Anda ke bawah pada widget dan menahannya sampai bergerak. Lalu seret widget tersebut ke menu "Hapus" yang muncul di layar awal. Jika tidak ada bagian penghapusan muncul, coba seret widget dari layar dan seret kebawah.

Sekian ulasan saya mengenai "Cara Mengatasi Android Lemot Terbukti Ampuh". Jika ada pertanyaan mengenai postingan ini, silahkan tinggalkan komentar anda. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan selamat mencoba.

Tag : "Cara Mengatasi Android yang Lemot dan lola, Cara terbaru mempercepat kinerja android, Cara memperbaiki android yang lambat, Cara mengatasi android lola dan lelet. cara mengatasi hp lemot dan panas, cara agar hp android tidak lemot saat internetan, aplikasi agar android tidak lemot, cara mengatasi hp lemot setelah di root, ram penuh padahal aplikasi sedikit, cara mengatasi hp lemot saat bermain game, cara mengatasi hp android cepat panas"
Related Posts

Related Posts

Post a Comment