DSO7j3yGh62myi8pOoPtpNy7RsInGm4biMkYWoPX

Cara Mengatasi Xiaomi Mi 5 Sering ngeLag saat Main Game (Drop FPS)

Cara Mengatasi Xiaomi Mi 5 Sering ngeLag saat Main Game - Begini cara termudah mengatasi Xiaomi Mi 5 sering ngeLag saat Main Game (Drop FPS) yaitu dengan men-disable thermal engine pada xiaomi mi 5. Kenapa harus di disable ? karena sejatinya qualcomm membatasi kecepatan prosesor dan GPU saat kondisi suhu Hp meningkat yang mengakibatkan hp xiaomi mi5 anda ngelag.

Yang kita ketahui Xiaomi Mi5 sudah dibekali dengan prosesor kelas Flagship dari Qualcomm yaitu Snapdragon 820 dengan GPU Adreno 530, sayangnya jika  diajak bermain game berat dalam jangka waktu lama anda akan merasakan Lag dan penurunan performa yang diikuti dengan FPS drop, ya kan?

Baca juga : Cara Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Mi5 / Mi5 S Plus

Cara Mengatasi Xiaomi Mi 5 Sering ngeLag saat Main Game

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, saya akan mengulas bagaimana sih cara yang tepat untuk menangani penurunan FPS pada xiaomi mi5. Kita tidak tau apakah ini memang penyakit bawaan dari snapdragon 820 atau memang sengaja dibuat seperti itu oleh pihak xiaomi agar suhu mi5 tetap optimal. Oke, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi Xiaomi Mi 5 Sering ngeLag saat Main Game (Drop FPS)

Xiaomi Mi5 memang terkenal dengan Spesifikasi yang gahar namun harga yang sangat terjangkau dikisaran 3jutaan. Tetapi ada kelemahan dari segi performanya yang lambat laun akan mengalami penurunan secara signifikan. Pengalaman admin saat bermain game MOBA AOV (Arena of valor) di xiaomi mi5 yang tiba-tiba mengalami penurunan performa / Drop FPS / ngelag, padahal jaringan bagus. Itu disebabkan karena suhu pada Xiami mi5 meningkat drastis sehingga performa nya otomatis dikurangi, lain halnya jika kita bermain game di Smartphone kelas atas milik samsung yang sudah ada sistem pendinginnya jika smartphone nya overheating. Tetapi ini bisa diakali dengan men-disable termal engine pada xiaomi mi5 anda.

Sebelum dodixtekno membahas tutorial ini, saya anggap anda sudah mengerti tentang segala resiko mengubah file sistem, jadi resikonya ditampung sendiri. Pastikan Xiami Mi5 anda sudah di root, jika belum anda bisa mengikuti tutorial Cara root Xiaomi mi5 di link berikut ini :


Oke, jika persyaratan diatas sudah terpenuhi, lanjut ke tahap berikutnya.

1. Pertama, siapkan dulu aplikasi Root Explorer atau aplikasi file manager lainnya, jika anda belum punya, silahkan download langsung DISINI

2. Setelah anda menginstalnya, selanjutnya anda buka aplikasi tersebut dan pergi ke direktori System/etc/ lalu cari ketiga file berikut ini :
  • thermal-engine-8996-high.conf, 
  • thermal-engine-8996-map.conf, 
  • thermal-engine-8996.conf
3. langkah selanjutnya anda rename ketiga file tersebut dan tambahkan tulisan .bak pada akhir file tersebut. Contoh misalkan thermal-engine-8996-high.conf menjadi thermal-engine-8996-high.conf.bak

4. Restart Smartphone anda dan coba mainkan game HD sekarang.

NB: Sebelum anda mengikuti tutorial ini, pastikan untuk membackup ketiga file tadi di komputer anda. 
Dengan mendisable ketiga file tersebut, maka xiamo mi5 anda tidak akan mengalami penurunan performa akibat overheating, tetapi jika Hp anda sudah terasa sangat panas, saya sarankan agar anda berhenti bermain game sejenak sambil menaruh Hp anda di bawah lantai agar cepat dingin, ini dilakukan agar tidak terjadi kerusakan komponen mesin Hp anda akibat terlalu Panas. Oke sekian dulu tutorial dari dodixtekno mengenai  Cara Mengatasi Xiaomi Mi 5 Sering ngeLag saat Main Game (Drop FPS)

Tag : xiaomi mi5 sering ngelag, cara mengatasi xiaomi mi5 lemot, aplikasi tertutup sendiri xiaomi, cara mempercepat kinerja xiaomi mi5,, fungsi miui optimization, miui 8 sering force close, cara mengatasi aplikasi berhenti sendiri di xiaomi, kenapa aplikasi sering keluar sendiri
Related Posts

Related Posts

1 comment

  1. disitu ada 3 file thermal. kok di mi5 saya cuman ada 2 file thermal, kenapa yaa? Tolong direspon terimakasih

    ReplyDelete
Silahkan berkomentar sesuai dengan postingan.
Dilarang komentar spam dan mencantumkan Link Aktif !