DSO7j3yGh62myi8pOoPtpNy7RsInGm4biMkYWoPX

Resep Soto Ayam Ala Rumahan, Sederhana dan Gampang dibuat

Soto Ayam

Soto Ayam, siapa yang tidak terpikat dengan makanan khas nusantara yang satu ini?. Soto merupakan makanan khas nusantara yang hampir setiap daerah memiliki ciri khasnya. Yang akan saya berikan resepnya ini adalah soto ayam ala saya sendiri.

Soto ayam kuning ini rasanya gurih segar. Isian ayam dan sayuran membuat soto ini mengenyangkan dinikmati dengan nasi hangat atau lontong.

Kuah kuning soto ayam ini karena bumbunya memakai kunyit. Selain membuat aroma dan rasa kaldu soto makin gurih enak, kunyit juga memberi manfaat untuk imunitas tubuh.

Daripada jajan soto diluar, lebih baik belajar bikin soto sendiri di rumah, dengan demikian seiisi rumah bisa ikutan menikmati. Mau ditambah nasi atau lontong juga bisa ya.

Simak resep dan tips berikut ini. Bisa pakai ayam kampung atau ayam broiler, sesuai selera. 

Bahan-bahan

  1. 1/2 kg paha ayam
  2. 8 buah Cabai rawit potong dua bagian

Bumbu Halus

  1. 10 siung bawang merah
  2. 7 siung bawang putih
  3. 1 ruas jahe
  4. 1 ruas kunyit
  5. 1 ruas kencur
  6. 4 buah kemiri
  7. 1 sdt merica
  8. 1 sdt ketumbar
  9. 1/2 sdt jintan
  10. Secukupnya terasi
  11. secukupnya garam
  12. Secukupnya kaldu ayam bubuk
  13. Secukupnya kaldu jamur bubuk
  14. Minyak untuk menumis

Bumbu Tambahan

  1. 2 batang serai ukuran sedang
  2. 4 lembar daun jeruk
  3. 2 lembar daun salam

Bahan Pelengkap Penyajian

  1. Bihun jagung yang sudah direbus
  2. Tauge yang sudah direndam air panas
  3. Irisan daun seledri
  4. Bawang goreng

Langkah

  1. Potong paha ayam sesuai selera. Kalau saya dipotong jadi 8 bagian. Cuci bersih, berikan perasan jeruk limao agar ayamnya tidak amis. Sisihkan

  2. Sangrai sedikit kemiri, kencur, merica, ketumbar dan jintan hingga aromanya keluar. Sisihkan, nanti akan dihaluskan bersama bumbu yang lain

  3. Blender bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, terasi dan bumbu yang sudah di sangrai tadi. Masukkan sedikit minyak goreng dan air. Blender hingga halus.

  4. Tumis bumbu halus dengan serai geprek, daun jeruk dan daun salam hingga harum. Masukkan ayam, aduk-aduk. Tunggu hingga ayam berubah warna.

  5. Masukkan air, aduk. Tunggu hingga ayam lunak. Tambahkan garam, kaldu jamur bubuk dan kaldu ayam bubuk. Masukkan cabai rawit yang sudah dipotong 2 bagian. Test rasa. Jika sudah pas, matikan api.

  6. Untuk penyajian, tata dalam mangkok: bihun, tauge. Tuangi kuah. Taburi dengan daun seledri dan bawang goreng.

  7. Soto ala rumahan siap dihidangkan ^_^

Note: disini saya tidak memakai ayam goreng suir karena ribet ya mesti goreng lagi. Saya juga tidak pakai sambel ulek, sudah pakai cabe rawit yang dicemplung saja biar praktis. Untuk sayurannya bisa ditambah kol iris ya, kebetulan stok saya habis, hehe. Silahkan direcook ya, soal rasa dijamin endulsss. Terima kasih
Related Posts

Related Posts

Post a Comment