DSO7j3yGh62myi8pOoPtpNy7RsInGm4biMkYWoPX

Tutorial Instalasi Oracle Virtualbox Di Windows 7 32bit

Oracle VM VirtualBox atau sering disebut dengan VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi “tambahan” di dalam sistem operasi “utama”. Simak tips instalasi VirtualBox di Windows 7 atau 10!

1. Untuk sistem operasi Windows (32 bit atau 64 bit), download file aplikasi VirtualBox di situs resmi oracle VirtualBox. Disini, kami menggunakan Windows 7 32 bit. Selanjutnya, klik dua kali pada file aplikasi VirtualBox yang telah didownload tersebut.
2. Selanjutnya, muncul tampilan selamat datang dalam instalasi VirtualBox.VirtualBox yang akan diinstal yaitu versi 3.1.4. Tips ini juga berlaku untuk versi 3.1 keatas. Klik tombol Next untuk melanjutkan proses.
3. Di bagian proses ini, muncul tampilan list yang berisi pilihan fitur yang akan diinstall. Kita dapat menentukan fitur apa saja yang akan diinstall atau tidak. Fitur tersebut meliputi dukungan terhadap USB, jaringan, sampai script Phyton untuk VirtualBox API. Di bagian tampilan ini, kita juga bisa menentukan lokasi folder VirtualBox yang akan diinstall. Biarkan seluruh pengaturan fitur aplikasi yang akan diinstall dan lokasi folder aplikasi. Klik tombol Next untuk melanjutkan proses berikutnya.
4. Di bagian tampilan proses ini, muncul pilihan membuat shortcut di desktop dan Quick Launch Bar. Kita dapat mencentang salah satu atau kedua pilihan tersebut untuk menentukan cara akses VirtualBox secara cepat ketika selesai diinstalasi. Kemudian, klik tombol Next untuk melanjutkan proses berikutnya.
5. Selanjutnya, muncul pemberitahuan Peringatan Network Interface. Dalam porses instalasi, interface atau kartu jaringan yang ada pada computer akan dinonaktifkan untuk sementara waktu. Namun, akan diaktifkan kembali secara otomatis dengan tambahan kartu jaringan virtual bawaan dari VirtualBox. Klik tombol Yes untuk melanjutkan proses instalasi.

6. Jika informasi untuk proses instalasi yang dibutuhkan dirasa sudah benar, maka klik tombol Install untuk memulai proses instalasi VirtualBox.
7. Proses instalasi dan penyalinan file aplikasi VirtualBox sedang dilakukan.Proses ini memerlukan waktu 2-3 menit.
8. Selama proses instalasi VirtualBox, akan muncul tampilan Windows Security terkait keamanan sistem, centang kotak konfirmasi Always trust software from “Oracle Corporation” kemudian klik tombol Install. Jika kita menekan tombol Don’t install maka proses instalasi akan dihentikan. Apabila kita tidak mencentang kotak Always trust software from “OracleCorporation”, maka pertanyaan terkait keamanan akan muncul beberapa kali.
9. Di tampilan ini muncul pemberitahuan bahwa instalasi VirtualBox sudah selesai dilakukan. Klik tombol Finish untuk keluar dari proses instalasi dan memulai mengakses aplikasi VirtualBox.
10. Selamat mencoba! Semoga membantu!
Related Posts

Related Posts

Post a Comment