DSO7j3yGh62myi8pOoPtpNy7RsInGm4biMkYWoPX

Cara Backup Data Android Terbaru (2022)

Ponsel Anda adalah penjaga kehidupan digital Anda. Ini memiliki video kata-kata pertama anak Anda, pesan yang menghangatkan hati dari orang penting Anda yang tidak pernah gagal untuk menghibur Anda, dan save terbaru dari game seluler favorit Anda. Anda telah menginvestasikan waktu untuk mendapatkannya seperti yang Anda inginkan, dan ada kenangan yang tak tergantikan di dalamnya. Menghabiskan beberapa menit untuk mencadangkan adalah harga kecil yang harus dibayar untuk memastikan Anda tidak kehilangan semuanya.

Kami akan menunjukkan cara mencadangkan ponsel Android Anda dalam beberapa cara, jadi pilihlah yang menarik. Kami memiliki panduan terpisah tentang cara mencadangkan iPhone Anda dan cara mencadangkan komputer Anda.

 Mencadangkan ke Google

Opsi pencadangan paling sederhana dan termudah adalah layanan cloud Google, yang terintegrasi dengan Android.
Pencadangan dengan Google
 
  1. Buka Pengaturan, Google, dan pilih Cadangan.
  2. Anda dapat melihat berapa banyak penyimpanan yang tersedia untuk akun Google yang Anda masuki yang tercantum di bagian atas.
  3. Di bawah itu, Anda mungkin akan melihat opsi yang mengatakan Cadangkan ke Google Drive dengan sakelar di sebelahnya. (Jika Anda telah menginstal Google One, mungkin tertulis Cadangkan ke Google One.) Pastikan itu diaktifkan.
  4. Ada tombol Cadangkan sekarang di bawah. Ketuk itu. Ingatlah bahwa pencadangan dapat memakan waktu beberapa jam untuk diselesaikan jika Anda belum pernah mencadangkan sebelumnya. Sebaiknya biarkan ponsel Anda terhubung ke pengisi daya dan terhubung ke Wi-Fi semalaman.
  5. Bagian di bawah menunjukkan detail cadangan Anda. Ketuk Foto & Video dan pastikan Pencadangan & sinkronisasi diaktifkan. Anda juga dapat melakukan ini di menu di aplikasi Google Foto.
  6. Di bagian bawah detail Cadangan, Anda dapat mengetuk data Akun Google (juga dapat diakses melalui Pengaturan, Akun, [Akun Google Anda], Sinkronisasi akun). Di sinilah Anda dapat memilih apa yang akan disinkronkan dengan Akun Google Anda. Daftar matikan yang muncul di sini berbeda berdasarkan aplikasi dan layanan yang Anda gunakan. 
Cara Backup Data Dengan Google

Mengelola Cadangan dan Penyimpanan Ekstra

Anda dapat menemukan cadangan Anda di aplikasi Google Drive dengan mengetuk menu di kiri atas dan memilih Cadangan.

Ini bisa menjadi tantangan untuk tetap berada di bawah penyimpanan gratis Google Drive 15 GB, jadi Anda dapat mempertimbangkan untuk mendaftar paket dengan Google One. Anda bisa mendapatkan 100 GB seharga $2 per bulan atau $20 per tahun, 200 GB seharga $3 per bulan atau $30 per tahun, dan 2 TB seharga $10 per bulan atau $100 per tahun. Anda dapat berbagi penyimpanan ini dengan maksimal enam anggota keluarga.

Aplikasi Google One menawarkan lebih banyak wawasan dan kontrol untuk cadangan Anda, yang dapat ditemukan di tab Penyimpanan yang tercantum di bawah Pencadangan Perangkat. Anda mungkin tidak ingin membayar untuk ruang ekstra, jadi mari kita lihat cara mencadangkan file langsung ke komputer Anda sebelum kita masuk ke layanan pencadangan alternatif.

Mencadangkan ke PC Windows Anda

Sangat mudah untuk mencadangkan file dari ponsel Android Anda di PC Windows. Begini caranya:
  1. Colokkan ponsel Anda ke port USB di desktop atau laptop Anda.
  2. Seret ke bawah bayangan pemberitahuan di ponsel Anda dan cari pemberitahuan dari Sistem Android yang mengatakan sesuatu seperti Mengisi daya perangkat ini melalui USB, Ketuk untuk opsi lainnya dan ketuk.
  3. Cari opsi yang mengatakan Transfer file dan pilih.
  4. Sebuah jendela sekarang akan muncul di PC Anda, atau Anda dapat membuka Windows File Explorer dan klik telepon Anda yang terdaftar di panel kiri di bawah PC ini.
  5. Anda dapat menggali ke dalam folder dan menyalin dan menempelkan file apa pun yang ingin Anda buat cadangannya. Ini bukan tata letak yang paling ramah pengguna. Misalnya, foto Anda mungkin akan berada di folder berlabel DCIM, Camera. 

Jika Anda menginginkan sesuatu seperti iTunes untuk mengelola proses ini atau aplikasi untuk mengelola cadangan nirkabel dari ponsel ke PC, maka Anda dapat menemukan berbagai opsi premium secara online, meskipun kami tidak merekomendasikannya. Jika Anda mencoba mengirim file dari ponsel Android ke PC, coba gunakan aplikasi Telepon Anda yang gratis dari Microsoft.

Mencadangkan ke Mac Anda 

Untuk mencadangkan file dari ponsel Android Anda di Mac juga cukup mudah. Begini caranya:
 
  1. Instal aplikasi Transfer File Android resmi di Mac Anda.
  2. Colokkan ponsel Anda ke port USB di Mac Anda.
  3. Jendela Transfer File Android akan terbuka di Mac Anda, dan Anda akan melihat daftar folder dan file di ponsel Anda.
  4. Gali dan salin dan tempel file apa pun yang ingin Anda buat cadangannya. Anda mungkin harus mencari untuk menemukan file yang Anda inginkan. Misalnya, foto Anda akan berada di folder berlabel DCIM, Camera.
Ada beberapa aplikasi premium untuk MacOS yang menawarkan lebih banyak pengalaman seperti iTunes, tetapi tidak ada yang kami jamin.

Mencadangkan ke Chromebook Anda

Berikut cara mencadangkan file dari ponsel Android Anda di Chromebook:
  1. Colokkan ponsel Anda ke port USB di Chromebook.
  2. Seret ke bawah bayangan pemberitahuan dan cari pemberitahuan dari Sistem Android yang mengatakan sesuatu seperti Mengisi daya perangkat ini melalui USB, Ketuk untuk opsi lainnya dan ketuk.
  3. Cari opsi yang mengatakan Transfer file dan pilih.
  4. Aplikasi File akan terbuka di Chromebook, dan Anda dapat menyeret file apa pun yang ingin disalin. 

Mencadangkan ke Layanan Cloud Lain

Mungkin Anda kehabisan penyimpanan Google, atau Anda lebih suka layanan cloud lain. Ada aplikasi Android untuk Dropbox, Microsoft OneDrive, MEGA, Box, dan lainnya. Sebagian besar dari mereka menawarkan beberapa penyimpanan cloud secara gratis, tetapi apa yang dapat Anda cadangkan dan bagaimana Anda melakukannya berbeda dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Kami melihat cara mencadangkan foto seluler pada beberapa di antaranya sebelumnya, dan Anda biasanya dapat mengaturnya menjadi otomatis, meskipun file lain sering kali harus dicadangkan secara manual. Jika Anda ingin menyinkronkan foto dan file lain secara otomatis di seluruh perangkat menggunakan salah satu layanan ini, periksa aplikasi Autosync. Ada versi khusus untuk Dropbox, OneDrive, MEGA, dan Box. 

Mencadangkan Samsung

Jika Anda memiliki ponsel Samsung, maka Anda memiliki opsi cadangan tambahan. Kami menyarankan untuk tetap menggunakan Google, karena cadangan Samsung hanya dapat dipulihkan ke ponsel Samsung, tetapi jika Anda menginginkan cadangan kedua atau Anda berencana untuk tetap menggunakan Samsung, berikut cara menggunakan layanan cloud Samsung:
  1. Buka Pengaturan, Akun dan cadangan, lalu Cadangkan dan pulihkan.
  2. Di bawah akun Samsung, ketuk Cadangkan data (opsi untuk mencadangkan melalui akun Google Anda juga tercantum di sini). Anda harus membuat dan masuk ke akun Samsung Anda jika Anda belum melakukannya.
  3. Centang semua yang ingin Anda cadangkan dan ketuk Cadangkan di bagian bawah.
Samsung juga menawarkan Smart Switch, sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda mencadangkan ponsel cerdas Anda ke komputer Windows atau Mac. Ini memudahkan siapa saja yang beralih ke ponsel Samsung untuk menyalin semua data mereka. Sayangnya, meskipun cadangan Smart Switch dapat dibuat dari sebagian besar ponsel cerdas, cadangan tersebut hanya dapat dipulihkan ke ponsel Samsung.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment