DSO7j3yGh62myi8pOoPtpNy7RsInGm4biMkYWoPX

Apa Itu Komputer, Bagian - Bagian, dan Kegunaannya Dalam Kehidupan Sehari - Hari?


Apa itu istilah komputer? Istilah komputer berasal dari Bahasa inggris yang dimana merupakan
to compute yang memiliki pengertian computare atau menghitung. Jadi pengertian dasar komputer adalah peralatan elektronik yang mempunyai kelebihan pengolahan data dan menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi pengguna atau user, dimana perangkat komputer ini terdiri dari jutaan komponen yang dapat berkerjasama dan melakukan pekerjaan secara otomatis sesuai dengan intruksi yang diberikan dan kemudian menghasilkan output berupa informasi.  

Fungsi komputer di kehidupan manusia sehari-hari, dimana fungsi komputer itu sendiri membantu pekerjaan manusia mulai dari menghitung, komunikasi, kontroling, hiburan, dan lain sebagainya. Namun sesungguhnya komputer itu sendiri memiliki empat fungsi utama, yaitu Input berfungsi sebagai penerima data maupun informasi dari berbagai sumber seperti keyboard atau klik mause. Processing dimana kegunaanya memproses berbagai macam data dan informasi yang diberikan oleh perangkat input kemudian data yang telah tersimpan dalam memori internal akan di proses untuk menghasil informasi baru yang nantinya akan dikirim ke perangkat output. Output berfungsi sebagai penghasil informasi yang telah diperoleh dari hasil proses peralatan komputer, contoh dari perangkat output adalah monitor, printer, serta spiker. Storage difungsikan sebagai tempat penyimpanan informasi. Terdapat tiga dasar bagian mengoprasikan komputer antara lain Hardware atau dikenal sebagai perangkat keras merupakan segala perangkat komponen komputer yang sifatnya dapat dilihat maupun disentuh langsung yang gunanya untuk memasukkan data perangkat, contohnya seperti RAM, CPU, mouse, monitor, dan lainnya. Software atau dikenal sebagai perangkat lunak komputer yang merupakan sekumpulan data elektronik yang tersimpan di perangkat komputer yang meliputi program yang nantinya akan menjalankan perintah khusus. Dan Brainware yang dikenal sebagai pengguna atau user yang mampu menggunakan serta menjalankan perangkat hardware atau software pada sebuah komputer, oleh karena itu brainware adalah komponen terpenting yang tidak bias dipisahkan dari perangkat komputer lainnya karena memiliki fungsi yang mampu menjalankan dan menggunakan perangkat komputer. 

Apa saja perbedaan data dan informasi? Data merupakan himpunan dari fakta dari kenyataan yang ada, fakta tersebut memiliki bentuk yang beragam misalnya fakta angka, fakta simbol, dan sebagainya, data yang terdapat dikenyataan ini berada dalam keadaan acak dan tidak beraturan sehingga fakta tersebut harus dikelompokan agar menjadi data. Dengan mengatur data sedemikian rupa nantinya akan menghasilkan sesuatu yang bernama informasi, informasi itu sendiri merupakan data yang telah diolah serta memiliki makna yang telah diberikan konteks dan menjadi sebuah gagasan.

Related Posts
Newest Older

Related Posts

Post a Comment