DSO7j3yGh62myi8pOoPtpNy7RsInGm4biMkYWoPX

Cara Mudah Cek Akreditasi Universitas/Jurusan di BAN-PT

Sertifikat Akreditasi Universitas/Jurusan merupakan salah satu syarat yang wajib dipenuhi oleh pelamar CPNS dari tahun ke tahun. Sebagai persiapan sebelum melakukan pendaftaran CPNS, kami akan memberikan tutorial cara melihat akreditasi universitas dan prodi/jurusan di website resmi BAN-PT.

Surat Keterangan Akreditasi ini merupakan bukti bahwa lembaga pendidikan mendapatkan pengakuan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan lembaga itu dinyatakan memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu.

Berikut cara melihat akreditasi universitas dan prodi/jurusan di website resmi BAN-PT:

  • Untuk mengecek akreditasi kampus, pertama kali Anda perlu membuka laman https://www.banpt.or.id/
  •  Lalu klik menu yg dilingkari merah > pilih "Data Akreditasi" > pilih "Institusi (terkini)". Pilihan ini untuk melihat akreditasi Universitas. Untuk melihat akreditasi prodi/jurusan pilih "Program Studi (terkini)". Saya ambil contoh untuk melihat akreditasi universitas ya.
  • Setelah itu ketik nama perguruan tinggi/universitas kalian. Maka akan muncul data universitas kalian seperti contoh berikut. Disitu sudah lengkap data-datanya ya, ada peringkat, no.sk, tahun sk, wilayah, tanggal kedaluwarsa dan status kedaluwarsa.

Kalau rekan-rekan ingin mendapatkan sertifikat/sk akreditasi universitas/jurusan, bisa langsung mengakses website resmi dari universitas masing-masing ya.

Jika kampus tidak menyediakan atau menampilakan di website resmi, anda bisa langsung meminta di Ruang Tata Usaha di masing-masing fakultas ya. 

Namun jika rumah rekan-reken jauh dan tidak memungkinkan untuk datang ke kampus, anda bisa minta di Grup Facebook kampus/Grup Whatsapp kampus/Grup Telegram kampus, siapa tahu ada yang punya pdf sertifikat akreditasi atau salinanya.

Namun jika belum dapat, rekan-rekan bisa memakai solusi berikut, solusi ini dari akun resmi twitter CPNS BPK yaitu dengan ngeprint Screen Shot hasil pencarian di Banpt.or.id, namun apakah solusi ini masih bisa digunakan sekarang, kami tidak tahu. ini bukti tweetnya:

Seperti itulah cara mendapat salinan sertifikat akreditasi Ban-PT untuk kampus maupun prodi, semoga membantu rekan-rekan semua untuk melamar CPNS atau kepentingan lain, dan semoga sukses dalam pendafataran CPNS nya serta jangan lupa dishare ke teman-teman yang lain ya. Terima kasih.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment