DSO7j3yGh62myi8pOoPtpNy7RsInGm4biMkYWoPX

7 Cara mengatasi Tidak Cukup Ruang pada Android

Dodixtekno - Cara mengatasi Tidak Cukup Ruang pada Android. Anda pernah mengalami peringatan "Tidak Cukup Ruang" saat instal aplikasi atau game di playstore pada perangkat android anda? Hal tersebut memang cukup mengesalkan lantaran saat kita asik mendownload aplikasi maupun game namun tidak bisa diinstal karena masalah penyimpanan.

Kejadian ini biasa terjadi pada semua jenis smartphone seperti Samsung, Sony, Huawei, Oppo, Vivo, Xiaomi, Luna, Smartfren, Asus Zenfone, LG, Lenovo, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, dodixtekno akan membagikan tips mengatasi penyimpanan tidak cukup ruang.

Cara mengatasi Tidak Cukup Ruang pada Android

Baca juga : 4 cara melegakan ram dan mempercepat kinerja android

Tips Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Android

Banyak sekali faktor yang menjadi penyebab terjadinya memory internal yang kepenuhan atau overdososis, dan tidak anda sadari penyebab tersebut bermula dari anda sendiri yang mengoperasikan perangkat android kesayangan anda. Salah satunya seperti banyaknya aplikasi yang terinstal di memory internal anda sehingga penyimpanan android anda menipis. Selain itu Cache dari aplikasi yang terinstal juga sangat berpengaruh, karena cache yang tidak pernah dihapus akan menumpuk sehingga ukurannya menjadi sangat besar hingga bergiga - giga. Biasanya aplikasi yang menyimpan cache berlebihan adalah aplikasi sosial media, kenapa bisa seperti itu ? karena aplikasi sosial media setiap saat akan melakukan sinkronasi data dari server ke aplikasi client, selain itu data - data temporary akan disimpan pada penyimpanan android guna digunakan dikemudian hari, hal tersebutlah yang menyebabkan memory internal android menjadi penuh. Jadi anda harus secara rutin membersihkan cache aplikasi anda baik itu secara manual maupun dengan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti app clear atau aplikasi lainnya. Berikut akan saya jabarkan beberapa tips untuk Mengatasi Tidak Cukup Ruang pada Android.

1. Hapus Log Aktivitas Pada Perangkat Android

Cara ini merupakan langkah yang cukup mudah dilakukan, anda harus menghapus Log aktivitas di perangkat kesayangan anda, log aktivitas yang saya maksud seperti log telepon, log pesan, log aktivitas internet, dan lain sebagainya. Dengan menghapus log aktivitas dari perangkat android, maka perangkat anda akan sedikit meringankan beban dari sistem android, selain itu juga dapat mengurangi penggunaan memory internal. Anda bisa menghapus log secara berkala misalnya seminggu sekali atau sebulan sekali.

2. Manajemen File Gambar, Video, Musik Sebaik Mungkin.

Jika anda suka menyimpan berbagai macam file pada perangkat android anda, cobalah untuk memilah - milah file apa saja yang penting untuk disimpan pada perangkat android, karena tempat penyimpanan android yang terbatas tidak akan cukup menyimpan semua file yang anda miliki. Alangkah baiknya jika android anda yang memiliki memory internal sedikit misalnya dibawah 16GB sebaiknya file - file yang tidak begitu penting dipindahkan ke laptop / pc, jika perangkat anda support untuk usb otg, anda bisa memindahkan file anda ke flashdisk secara langsung tanpa perantara PC. Anda juga harus menghapus file - file yang menurut anda sudah tidak layak disimpan, misalnya foto, video, dan musik yang sudah jadul. File - file duplikat juga sebaiknya dihapus, karena sangat membebani penyimpanan android.

3. Hapus Cache Aplikasi pada Android

Cara ini seperti yang sudah saya paparkan pertama kali yaitu pentingnya menghapus file cache pada perangkat android. Caranya cukup mudah dilakukan, ada 2 cara untuk menghapus file cache pada android, yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga atau dengan cara manual.

Jika menggunakan aplikasi pihak ketiga, proses menghapus file cache akan dilakukan secara otomatis terhadap banyak aplikasi yang terinstal di perangkat android anda, namun ada kelemahannya yaitu aplikasi pihak ketiga biasanya mengandung iklan - iklan dan harus menggunakan versi pro untuk menggunakan fitur secara maksimal, namun ada banyak aplikasi cleaner yang versi free atau tidak berbayar di playstore.

  • Untuk cara manualnya, anda buka pengaturan > Pilih Manajer Aplikasi > Pilih Aplikasi sesuai keiinginan anda > lalu klik Hapus data dan Hapus memori. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut ini.
Cara mengatasi Tidak Cukup Ruang pada Android

4. Pindahkan Aplikasi ke Memory Eksternal

Jika anda memiliki banyak aplikasi di perangkat android anda, sebaiknya aplikasi tersebut pindahkan ke memory eksternal, hal ini dilakukan untuk menghemat penyimpanan internal perangkat android anda. Biasanya beberapa merk smartphone android ada yang secara default terinstal di memory eksternal ada juga yang secara default terinstal di memory internal, jadi pastikan pengaturan smartphone anda terutama saat menginstal aplikasi pilih penyimpanan external untuk menginstal aplikasi. 

5. Hapus Aplikasi yang tidak diperlukan

Biasanya aplikasi - aplikasi yang jarang dipakai dan terinstal diperangkat android dibiarkan begitu saja, hal ini menurut dodixtekno tidak baik, karena apa? selain membebani penyimpanan internal perangkat anda, aplikasi yang jarang digunakan juga akan memberatkan kinerja android seperti RAM . Sebaikknya aplikasi yang tidak diperlukan harus uninstal agar kapasitas memory internal perangkat anda semakin leluasa. Biasanya aplikasi yang jarang dipakai adalah aplikasi Game, aplikasi Cuaca, dan lain sebagainya. Untuk menguninstal aplikasi yang tidak diperlukan cukup mudah, caranya sebagai berikut :
  • Buka pengaturan > Manajer Aplikasi > Pilih Aplikasi yang hendak dihapus > Klik hapus instalan.Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar dibawah ini.
Cara mengatasi Tidak Cukup Ruang pada Android

Catatan : Cara ini saya terapkan di android versi 7.0, jika terdapat menu yang berbeda, anda bisa menyesuaikannya.

6. Update Google Playstore

Versi aplikasi dari Google Playstore juga sangat berpengaruh terhadap kinerja perangkat android anda, biasanya pada beberapa merk perangkat android yang memiliki versi playstore lama akan mengalami masalah Tidak Cukup Ruang pada saat menginstal aplikasi dari playstore, jadi saya sarankan anda melakukan update aplikasi playstore anda ke versi yang terbaru. Untuk melakukan update cukup mudah, anda buka aplikasi playstore > klik setelan > klik Versi Play Store. 
Anda juga bisa mengatur update aplikasi tersebut secara otomatis melalui pengaturan.

7. Reset Perangkat Android ke Pengaturan Pabrik

Cara terakhir yang bisa anda tempuh yaitu melakukan reset perangkat android anda, cara ini saya anjurkan jika langkah - langkah diatas tidak berhasil anda coba. Dengan melakukan reset ke pengaturan pabrik, android anda akan kembali seperti baru lagi dan terlihat fresh. Tetapi sebelum melakukan Reset Perangkat, pastikan anda melakukan backup semua file anda termasuk kontak, aplikasi, foto, video, musik, dan lain sebagainya ke Laptop / PC anda agar tidak terjadi kehilangan data saat melakukan proses reset hp kesayangan anda. Jika sudah selesai, coba lakukan download aplikasi di playstore tadi untuk memastikan error peringatan tersebut sudah benar - benar hilang.

Baca juga : Cara flash android merk Samsung lengkap dengan screenshot

Jika masih mengalami masalah, anda bisa menanyakan hal - hal yang menjadi masalah pada android anda dengan cara berkomentar pada halaman dibawah ini. Dengan segera dodixtekno akan membantu anda sampai behasil :) 
Related Posts

Related Posts

Post a Comment